CMD (COMMAND PROMPT)

COMMAND PROMPT atau cmd merupakan adalah jendela pada windows yang berfungsi untuk mengetahui seluk beluk yang terdapat pada system windows, dimana cmd ini yang mengesekusi setiap perintah – perintah yang diberikan oleh user untuk mengetahui system yang ada pada windows.

ada banyak hal yang dapat kita ketahui dari CMD ini, saya akan coba menjelaskan salah satunya. berikuta adalah langkah-langkah bila anda ingin membuka cmd :

pertama-tama bukalah menu start

lalu ketik kata “cdm” pada kolom search bila anda menggunakan window 7, tapi bila anda menggunakan window XP maka klik run lalu ketik kata “cdm lalu enter

setelah itu akan ada tampilan seperti gambar 1, tampilannya memang tak biasa kita lihat dan mungkin kita sendiri akan bingung dengan apa maksud dengan kata-kata didalamnya, agar kita bisa lebih memahaminya maka ketiknya kata “help”lalu enter. dan akan ada tampilan seperti gambar 2

,date

                                                                                 gambar 1

helpates

                                                                                  gambar 2

Nah, setelah anda coba, anda pasti mengerti kan. apa arti keyword ‘help’ pada cdm ini? benar!!! keyword help berfungsi untuk memberi tau kita akan keyword-keyword beserta fungsinya yang dapat kita gunakan pada cdm ini.coba perhatikan gambar 2, pada bagian kiri merupakan keyword yang bisa anda ketik pada cdm ini sedangkan bagian kanan merupakan kegunaan atau penjelasan terhadap keyword yang disebelah kiri.

coba anda perhatikan gambar 3 dibawah ini

helpqtes

                                                                                     gambar 3

pada gambar 3 anda bisa melihat keyword ‘date’ dan pada bagian kanannya anda bisa melihat kegunaan dari keyword ini. yaitu display or sets a date atau yang berati bahwa dengan mengetik keyword ‘date’ lalu menekan enter, kita dapat melihat dan mengeset tanggal. sekarang, cobalah anda ketik keyword ‘date’ lalu tekan enter. pasti akan muncul seperti gambar 4 dibawah ini:

date1

                                                                   gambar 4

berdasarkan gambar 4 kita bisa melihat bahwa tanggal saat saya membukanya adalah sun 09/22/2013 yang berarti saya membukanya pada hari minggu tanggal 22 september 2013. dan coba anda lihat pada bagian bawahnya ada tulisan yang mengatakan bahwa ‘enter the new date: (mm-dd-yy)’ yang berarti bahwa anda bisa mengganti tanggal sesuai keinginan anda dengan mengetiknya dengan format (bulan-hari-tahun).

sebenarnya masih banyak lagi yang bisa kita gunakan dalam cmd ini. tapi maaf saya hanya bisa memberi contoh salah satu keyword dari cmd ini. anda bisa mencoba keyword yang lainnya bila anda mau. semoga informasi saya ini dapat bermanfaat bagi kita semua.

Category: Tugas
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.
Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>